Thursday, January 7, 2010

Repair Laptop Error

Kemarin, 6 Januari 2010, setelah 3 hari tidak memakai laptop, saya kaget bahwa laptop saya mengalami error. Mouse tidak bisa mendrug secara tepat sehingga kalo kita mengklik files yang kita tuju maka yang terbuka adalah files terbawah. Jadi kalo saya ngeklik direktori D (sembarang direktori) maka yang terbuka Webcam. Baru kali ini saya mengalaminya. Akhirnya hari itu saya disibukan untuk memperbaiki laptop saya.

Berikut ini tahapan yang saya lakukan untuk mengatasinya:
1. Scan dengan anti virus. Saya scan dengan Avast Home Edition tapi tidak terdeteksi adanya virus.
2. Karena waktu memilih sebuah direktori untuk mengeklik suatu files terbukanya webcam, maka saya "uninstall" driver webcam saya tetapi hasilnya sama aja.
3. Kemudian saya scan dengan Spyware Terminator kemudian terdeteksi. Saya mencoba menghapusnya tetapi malah muncul bunyi "trung" tidak putus sebagai tanda tidak mau bekerja.
4. Kemudian saya menghapus salah satu sembarang file yang hasilnya bagus.Laptop bisa normal tetapi begitu kita restart kembali error.
5. Kemudian saya cari softwares repair dan saya download software "Tune Up Utilities 2010".Kemudian saya scan menggunakan "Tune Up Utilities 2010"sehingga terdeteksi sampa 400-an errors. Terus-menerus saya repair sehingga tinggal 4 errors.Hasilnya "Spyware" bisa dihapus dan laptop kembali normal.
6. Tetapi setelah di "Restart" masalah yang sama kembali muncul. Tetapi begitu saya repair menggunakan "Tune Up Utilities 2010" kembali normal.Hanya disayangkan ke-4 errors itu gak bisa direpair.Sehingga begitu di-restart masalah yang sama kembali muncul.
7. Akhirnya saya putuskan untuk melakukan repair dengan install ulang windows xp. Hasilnya ya jadi normal lagi

Begitulah Sobat-Sobat pengalamanku kemarin mudah-mudahan bisa bermanfaat. Hikmah yang bisa saya ambil bahwa kita harus disiplin sesibuk apapun juga. Karena mengabaikan kegiatan "maintenace" barang-barang proverty kita akibatnya merugikan kita juga. Untuk "maintenace" laptop/PC sebaiknya minimal 1 minggu sekali.

Kegiatan yang wajib untuk "maintenace" minimalnya sebagai berikut:
1. Scan dengan Anti Virus
2. Repair program dengan menggunakan sofwares khusus untuk ini. Seperti:Tune Up Utilities, Stella, dll.

Jika Sobat-Sobat punya solusi yang lebih baik tolong berbagi ya dengan berkomentar di postingan ini. Terima Kasih.

14 comments:

IKLAN BARIS January 8, 2010 at 9:52 AM  

info menarik. makasih infonya..

IKLAN BARIS January 8, 2010 at 9:55 AM  

nice info..., thank's

lina@home sweet home January 8, 2010 at 11:27 PM  

Terima kasih infonya nih, saya akan praktekkan saran Sobat...

Rumah Bisnis 21 January 9, 2010 at 1:02 AM  

@IKLAN BARIS: Thanks.I'll do my best
@lina@home sweet home:Sama-sama.Sudah seharusnya kita maintenance rutin proverty kita supaya awet

ari craft January 13, 2010 at 1:07 PM  

oke banget sob..nice post

aa gallery January 13, 2010 at 1:08 PM  

siiip..nice posting kawan.

ekaitpc January 14, 2010 at 8:10 AM  

mantep brow......info yang bagus banget

aa gallery January 14, 2010 at 12:21 PM  

mantab sob..saya praktekin dulu

ari craft January 14, 2010 at 12:22 PM  

oke sob infonya..sip..jgn lupa lihat info punya saya juga..banyak banget disitu kesempatan dpet uang

ekaitpc January 15, 2010 at 12:49 PM  

mantep sob infonya.....

irvan January 15, 2010 at 7:04 PM  

emang tu cara ke 7 biasanya yang paling ampuh

sewa mobil murah January 26, 2010 at 11:51 AM  

oh yesss
akhirnya aku dapat caranya
thx banget ya

rental mobil October 28, 2010 at 11:59 AM  

thanks buat infonya

shoppaholicalt November 8, 2010 at 12:45 AM  

thanks iinfonya gan

Post a Comment

Design 2009 by Rumah Bisnis 21