Thursday, January 21, 2010

Repair PC & Optimizing Smart Internet Connection

Beberapa hari yang lalu saya tidak bisa melakukan blogwalking apalagi posting. Hal ini dikarenakan PC saya mengalami kerusakan. Sebenarnya saya masih bisa memakai laptop untuk melakukan pekerjaan tersebut, tetapi karena musim hujan sehingga langit selalu mendung mengakibatkan koneksi internet pun menjadi macet.

Beginilah nasib orang desa di negara yang tercinta ini. Akibat pemadaman listrik yang sering PC pun mengalami kerusakan. Beberapa bulan yang lalu sistem operasi di PC mengalami kerusakan sehingga harus install ulang, Alhamdulillah dat-data penting masih selamat. Kemudian hari Minggu,17 Januari 2010 PC-ku "matot (mati total). Saya mendiagnosa bahwa kerusakan akibat Power Supply mengalami kerusakan. Saya biarkan sementara saja karena malas ke kota untuk beli Power Supply yang baru. Hari Rabu, 20 Januari 2010 saya pergi ke kota membeli Power Supply baru. Sebenarnya jarak ke kota kurang lebih 4 km, tetapi kemalasan sedang melanda diri ini sehingga menunda pembeliannya sampai selama itu. Setelah membelinya kemudian saya pasang tetapi Power Supply tidak bekerja semestinya, langsung saya ke tempat penjualnya untuk menukar dengan yang baru.Akhirnya setelah dipasang ternyata bisa untuk "booting" tetapi setelah saya koneksikan dengan monitor tidak bekerja semestinya. Saya menjadi bingung apa masalah sebenarnya? saya ulangi cek kabel apakah sudah secara sempurna terkoneksi, ternyata masih belum berhasil. Saya tunda dulu pekerjaan itu karena saya harus menghadiri suatu acara keluarga. Besok harinya atau Kamis 21 Januari 2010 kembali saya mengeceknya ternyata masalahnya tetap sama, PC bisa distrart tapi tidak koneksi dengan harddisknya. Kemudian saya cek ulang apakah sudah terkoneksi secara sempurna? akhirnya saya menemukan bahwa ada port yang tersembunyi dimana saya tidak melihatnya. Saya merasa "oon" sekali padahat sudah cukup lama berkecimpung dunia "IT" walau belum master karena belajar "otodidak"( maklum lah wong ndeso). Setelah dikoneksikan, akhirnya PC dapat bekerja sebagaimana-mestinya. Kerusakan itu hipotesisku karena sering-matinya listrik PLN bahkan hidup hanya sebenta (mati-hidup-mati selama beberapa detik). Sebenarnya saya sudah antisipasi dengan memasangUPS tetapi baru sebulan ini (maklumlah wong ndeso jadi baru beli, itu juga maksain karena mendesak). Kejadian listrik PLN itu kan sudah berlangsung beberapa bulan yang lalu dimana pasti ada pengaruhnya terhadap PC kita karena sering matinya mendadak. Tetapi saya sadar, mungkin juga karena memakai PC-nya "overload"(hampir 24 jam sehari).

"Loh koq jadi curhat gini?" Mohon maaf ya sudi membaca curahan hati saya ini. Oh ya, tadi saya cerita juga bahwa penyebab saya tidak blogwalking, disamping PC sedang rusak juga koneksi internet yang macet alias lelet. Berikut adalah usaha saya untuk mengatasinya (Optimizing Smart Internet Connection):
1. Cari tempat yang paling bagus menangkap signalnya.Kalau di kamar mandi paling bagus ya pindahkan saja laptop atau PC kita ke sana ( he...he..he.. just kidding, maksudnya karena WC nya tanpa atap jadi signal-nya lebih kuat..he...he..he..)
2. Beli wajan untuk menggoreng modemnya. He..he..he..just kidding, maksudnya arahkan wajan ke arah yang paling kuat signalnya kemudian taruh modem hp di dalamya.
3. Optimizing koneksi dengan program "Tune-Up Uttilities 2010". Sesuaikan dengan frekuensi signal, GPRS, 2G, 3G, Qwerty, dlsb.
4. Kalau teman-teman pakai smart bisa setting dengan DNS Nawala. Pilih Start ---> Cari menu control panel ---> Pilh Network& Internet Connection ---> Pilih Netwok Connection --->Pilih koneksi yang kita pakai (misal Smart) --->Pilih tab Properties --->tab Networking ---> Sorot Internet Protocol (TCP/IP) --->Pilih Properties--->Pilih Use the following DNS server addresses, kemudian isi dengan : Preferred DNS server= 203.34.118.12 Alternate DNS server=203.34.118.10. Atau cepatnya Pilih Start ---> Connect to ---> Pilih koneksi yang kita pakai (misal Smart) ---> seterusnya seperti yang sudah dijelaskan. Kadang-kadang lebih cepat dari biasanya tetapi kadang-kadang semakin lambat juga. Jadi hasilnya relatif juga.
5.Berdo'a supaya signalnya kuat.

Demikian cerita saya, semoga berguna bagi teman-teman. Apapun masalah kita, yang penting terus usaha untuk mencari solusi terbaik.

22 comments:

yahya January 22, 2010 at 1:41 PM  

nice info.. thx

Belogger Prost January 23, 2010 at 10:25 AM  

trims for sharing,jadi tau ilmunya.terma kasih gan

rumah curhat January 24, 2010 at 9:30 AM  

sepertinya nasib kita sama ya,...sama2 wong ndeso,..modem lelet, sering mati lampu juga tapi alhamdulillah pc saya nggak kenapa2 walaupun umurnya udah tua, tapi masih bandel dan kadang nyebelin juga, Saya juga pake wajan kang lebih tepatnya org kami bilang "kuali". jadi msalah sinyal yang turun naik bisa teratasi. thanks infonya..

Lembaga Pelatihan January 24, 2010 at 12:05 PM  

Wah keren juga postingannya... klo telkomflash gimana cara memperkuat sinyalnya... atau DNS biar koneksi cepat... atau apa aza yang penting koneksi jadi cepat..? Trims

FotoCantiq January 24, 2010 at 12:36 PM  

Saya hari ini sudah 2 kali mengalami gangguan internet, tapi memang dari ISP nya yg ngaco... saya pakai M*BI. Tapi mau coba juga ini juga ah, sepertinya bisa bikin browsing makin nyaman :)

Trimakasih info nya ya...

Rumah Bisnis 21 January 24, 2010 at 9:15 PM  

@Yahya:you're welcome
@Prost:sma-sama Sob.Btw aku belum jadi juragan Sob.
@Rumah Curhat:sama-sama Sob.Syukurlah kalo PC nya tetep OK.
@Lembaga Pelatihan:Sorry Sob aku belum coba pake flash untuk itu.Udah lama bgt gak pake flash.Coba aja trik di atas mungkin sama aja.
@Foto Cantiq: Good Luck! Sob

sda January 26, 2010 at 11:01 AM  

makasih tipsnya.

narti January 26, 2010 at 11:02 AM  

tetap berusaha agar bisa ngeblog...
sukses ya.

RADJA BONTANG January 27, 2010 at 4:16 PM  

thanks kang ilmunya sangat berguna buat saya neh

Belogger Prost January 28, 2010 at 10:49 AM  

nice info friends.keep blogging

rzk January 28, 2010 at 9:42 PM  

wahhh keren juga nch sobat tipsnya...
trmksh bnyk yah sngat membantu

Coba Coba January 30, 2010 at 3:53 AM  

Wah cerita yang mengharukan!!!
Wah saya pake smart bos, eh sama ya caranya aneh" seperti saya! Pake wajan tadi lho..
Gue juga pake bos!!
Memang kalo kata orang menggunakan wajan itu adalah cara yang sanangat konyoL, tapi bwt aku sih asaL poenya signaL yank kuat nggak papa!!
Eh idemu itu kurang satu bos, kalo poenya saya hp smartnya saya kipasin pake kipas angin!!
Jadi koneksina jadi lebih cepeT..
Buktikan saja, saya sudah melakukannya selama 1 tahun ini..
Tapi mungkin ide ini akan sangat menambah biyaya listrik!!
Tapi kalo buwad saya sih gak papa karena yank bayar ortu gue giuuu..!!
He he he
Sekedar sharing!

Jawab komment saya ini & jangan lupa untuk comment balik yach!!

Rumah Bisnis 21 January 30, 2010 at 1:38 PM  

@Sda:Sama-sama Mbak
@Narti:Makasih Mbak.Mudah2an bisa terus ngeblog.Amin.
@RADJA BONTANG:Sama-sama Bang.Seneng kalo bisa berguna
@Belogger Prost:Thanks Bgt Sob
@Rzk:Sama-sama Sob
@Nabil Muhammad F:Sorry Sob kalo bikin terharu.Aku juga pake kipas angin tapi supaya modem gak panas banget.Thanks koment n tambahan infonya.

Chandra Praditya January 30, 2010 at 2:10 PM  

Wah2 mantep bgt tipsnya..

klo dirmhku sih pake wifi...

untung sinyal kuat muski tanpa wajan bolic/ penguat sinyal...

tp kalo ujan sering putus nyambung kayak lagunya BBB.

Unknown January 30, 2010 at 6:11 PM  

makasih sob info hotnya...apalagi masalah listrik di kuningan tempat aku tinggal.bahkan 1 minggu sekali pasti ada saja matinya. makasih ya tipsnya sob.salam blogger

ekaitpc February 2, 2010 at 7:45 AM  

info yang bagus sob.......

Rock February 3, 2010 at 2:56 AM  

Sharing yang sangat bermanfaat sob...

budiboy February 3, 2010 at 12:29 PM  

niche post.. visit back ya sob.. lam kenal..

Rumah Bisnis 21 February 3, 2010 at 3:23 PM  

@all:Thanks koment n pujiannya.Postingngannya biasa aja koq cuman suatu curhat

Rock February 4, 2010 at 2:24 AM  

Selamat pagi sobat... Happy blogging.. Have a nice day..

diet February 4, 2010 at 8:05 AM  

good morning..

begot santoso February 4, 2010 at 6:11 PM  

met sore...

Post a Comment

Design 2009 by Rumah Bisnis 21